Waktu Yang Tepat Untuk Menikmati Kopi

Waktu Yang Tepat Untuk Menikmati Kopi

Jeniskopidunia.web.id – Menikmati segelas kopi hangat disaat lelah ataupun kantuk merupakan teman terbaik bagi sebagian besar pekerja maupun mahasiswa. Menikmati kopi bukan hanya bagi para penggemar atau pecinta kopi saja melainkan sudah menjadi gaya hidup dan sangat popular disaat sekarang ini.

Secara umum jenis kopi terbagi menjadi kopi Arabika (Coffee Arabica), Kopi Liberika (Coffee Liberica), Kopi Robusta (Coffee Cannephora), Kopi Excelsa (Coffee Dewevrei). Di Indonesia sendiri terdapat 6 jenis kopi Arabika yaitu kopi Gayo (Aceh), Mandaling (Sumatera), Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu), Java (Jawa) dan Kalosi (Toraja).

Mengkonsumsi kopi memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh kita, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek negatif bagi tubuh dikarenakan efek kafein (kandungan dalam kopi) yang berlebihan dapat memicu perasaan takut berlebihan, sakit maag, serta menyebabkan menopause lebih awal. Oleh karena itu sebagai penikmat kopi kita harus cerdas menentukan berapa banyak kopi yang kita konsumsi serta mengetahui jenis kopi yang cocok dikonsumsi oleh kita.

Selain cara mengkonsumsi kopi yang cerdas dan pemilihan jenis kopi yang baik, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui waktu terbaik untuk mengkonsumsi kopi itu sendiri. Sebagian besar pecinta kopi selalu mengkonsumsi kopi ketika bangun dari tidurnya di pagi hari. Tapi tahukah anda? Bahwa hal tersebut tidaklah tepat, sebaiknya mengkonsumsi kopi tidak dilakukan di pagi hari melainkan menjelang siang.

Baca Juga : Menu Kopi Terpopuler Tahun Ini

Dari sebuah penelitian tentang kopi yang dilakukan oleh para ilmuwan, mendapatkan hasil bahwa waktu yang terbaik untuk menikmati kopi antara pukul 09.30 dan 11.30 siang. Hal ini dikarenakan dipagi hari alaminya hormon kortisol dalam tubuh meningkat setelah kita bangun tidur, yang mana hormon kortisol ini memiliki fungsi untuk membantu mengatur jam kerja tubuh dan meningkatkan kewaspadaan. Hormon ini paling tinggi dihasilkan oleh tubuh antara pukul 8 – 9 pagi, oleh karena itu tidak perlu lagi mengkonsumsi minuman berkafein di saat tersebut. Mengkonsumsi kopi disaat level kortisol sedang tinggi-tingginya dapat membuat tubuh menjadi kecanduan.

Selain antara pukul 8 – 9 pagi, hormon kortisol juga akan mengalami peningkatan kembali di saat siang setelah pukul 13.00 dan 17.30 hingga 18.30. Diwaktu tersebutlah adalah saat yang paling tepat bagi kita untuk menikmati kopi, karena sebagai pecinta kopi yang cerdas kita harus tahu kapan waktu yang paling tepat kita menikmatinya. Konsumsi kopi di waktu terbaik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi anda para pecinta Kopi khususnya masyarakat Cirebon, anda bisa mengunjungi tempat kami, Kopi Rempah Brana yang beralamatkan di Jl. Setiabudi, No. 28 Kota Cirebon. Selain memiliki menu kopi dengan cita rasa istimewa, kami juga memiliki tempat yang sangat nyaman dengan mengusung konsep tradisional. Tempat kami sangat cocok untuk tempat menikmati kopi dan berkumpul bersama sanak saudara dan orang tercinta.

Related posts