Variasi Jenis Kopi dari Berbagai Negara di Eropa

Variasi Jenis Kopi dari Berbagai Negara di Eropa

Jeniskopidunia.web.id – Ada berapa banyak variasi kopi dari daratan Eropa yang kamu ketahui? Jika jawabannya hanya espresso atau cappucino maka kamu wajib membaca daftar di bawah ini. Ada beragam variasi kopi di benua eropa yang satu ini, dari yang pahit, manis hingga creamy. Beberapa variasi kopi bahkan populer hingga ke benua lainnya.

Kepopuleran kopi di Eropa memang sudah berlangsung dari berabad-abad yang lalu. Buktinya Belanda sampai menjajah Indonesia dan menetapkan tanaman paksa untuk mencukupi kebutuhan kopi bagi negara mereka dan daerah-daerah sekitarnya. Berikut dibawah ini akan kami bahas mengenai jenis kopi dari berbagai negara di Eropa yang perlu kamu ketahui :

1. Affogato, Italia
Pernah merasakan perpaduan kopi dan es krim? Jika belum maka affogato patut untuk kamu coba. Pada dasarnya Affogato adalah es krim atau gelato dengan rasa vanila yang disiram dengan hot espresso. Affogato ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas. Beberapa orang terkadang menambahkan kelapa parut, buah berry dan es krim dengan rasa berbeda di atasnya.

2. Türk Kahvesi, Turki
Kopi Turki ini dibuat dengan menggunakan biji kopi yang benar-benar dihaluskan, jadi kamu tidak perlu menggunakan filter lagi. Tapi jangan takut karena kopi yang satu ini tidak akan menghasilkan ampas. Kopi ini disajikan dengan cara memasukkan kopi ke dalam air mendidih yang sudah bercampur dengan gula. Kopi dimasak hingga mendidih lalu dituang ke gelas porselen kecil yang dikenal dengan nama finahı kahve.

3. Café au Lait, Prancis
Café au lait adalah kopi yang disajikan dengan susu, perbandingannya 1 banding 1. Karena itu tak heran jika kopi ini terasa lebih krimi dibanding kopi susu lainnya. Kopi ini akan mengingatkan kamu dengan caffè latte dari Italia.

Hal yang membedakan Café au lait dengan caffè latte di Italia adalah cara penyajiannya. Jika caffè latte di sajikan di gelas, maka Café au lait umumnya disajikan di cangkir. Kopi ini juga biasa dikonsumsi saat sarapan bersama croissant.

4. Koffie Verkeerd, Belanda
Hampir sama dengan kopi Prancis, koffie verkeerd disajikan dengan susu yang perbandingannya 1 dibanding 1 bahkan terkadang kopi yang digunakan kurang dari setengah bagian.

Perbedaan lainnya adalah kopi Belanda Ini menggunakan Espresso untuk campuran susunya. Susunya pun tidak dikocok. Jadi terlihat perbedaan lapisan antara kopi dan susu ketika disajikan.

5. Irish Coffee, Irlandia
Irish Coffee merupakan perpaduan dari kopi, whisky, gula dan krim. Kopi ini awalnya ditemukan pada perang dunia ke-2. Brendan O’Regan, manager catering di resto bandara Irlandia sengaja meminta chef untuk menambahkan whisky ke dalam campuran kopi yang berfungsi untuk menghangatkan para penumpang yang menggigil kedinginan.

Saat itu kopi ini belum menggunakan cream. Penambahan heavy cream baru dilakukan oleh Jack Koeppler yang ingin menciptakan ulang Irish Coffee ini.

6. Einspänner Coffee, Austria
Kopi ini terbuat dari double shot espresso ditambah dengan whipped cream. Kamu penyuka minuman yang creamy maka kopi ini bisa dijadikan pilihan. Penggunaan whipped creamnya pun tidak tanggung-tanggung. Jadi bagi kamu yang tidak begitu menyukai rasa pahit espresso tetap dapat menikmati kopi ini. Karena krim di atasnya dapat mengimbangi rasa pahit dari Espresso tadi. Terkadang Einspänner Coffee juga disajikan dengan taburan bubuk cokelat.

7. Frappe, Yunani
Frappe adalah minuman es kopi yang dibuat pertama kali pada September 1957 oleh Dimitrios Vakondios di sebuah pameran internasional Thessaloniki. Dimitrios yang menjadi perwakilan Nestle saat itu tidak menemukan air panas untuk menyeduh kopi.

Saat dia melihat minuman coklat yang di cocok dengan shaker, Dimitrios mendapat ide yang sama untuk minuman kopinya. Maka dia mencampur kopi instan dengan sedikit air dingin lalu mengaduknya di sebuah shaker hingga terciptalah minuman frappe.

8. Swedish Egg Coffee, Swedia
Ada yang berpendapat bahwa kopi telur ala Swedia ini telah dibuat sejak abad ke-18. Kopi ini menjadi tradisi untuk pertemuan gereja Lutheran antara Skandinavia-Amerika di Midwest. Jadi jangan heran jika kopi ini juga disebut dengan church basement coffee. Pembuatannya cukup mudah, kamu tinggal mencampur telur, kopi dan sedikit air.

Telur yang digunakan di sini merupakan telur utuh termasuk juga cangkang telur. Setelah telur dan kopi tercampur rata kamu tinggal menuangkannya ke dalam air mendidih lalu memasak kopi itu beberapa saat. Setelah api dimatikan kamu tinggal menambahkan air dingin lalu mendiamkannya. Saring kopi ke sebuah wadah lalu kopi siap untuk disajikan.

Baca Juga : Coffee Shop Ngehits di Kota Sukabumi

9. Café Bombón, Spanyol
Kopi yang satu ini berasal dari Alicante, Spanyol dan menyebar hingga ke seluruh Semenanjung Iberia. Pembuatan nya cukup mudah, kamu tinggal menuangkan susu kental manis di sebuah gelas kecil lalu tuangkan Espresso hangat.

Kamu bisa menambahkan foam susu atau whipped cream di atasnya. Kopi ini tidak hanya nikmat tapi lapisan-lapisan layer yang diciptakannya instagramable banget.

10. Pharisäer Kaffee, Jerman
Pharisäer Kaffee adalah perpaduan antara kopi pekat, gula, rum coklat dan whipped cream. Biasanya minuman ini diminum tanpa mengaduk whipped cream dengan kopi yang ada di bawahnya. Ada cerita unik tentang awal mula pembuatan kopi Jerman ini.

PeterGeorgJohannsen, orang Faris yang tinggal di Nordfriesland mengadakan acara pembaptisan anak ketujuhnya. Acara itu juga dihadiri oleh seorang pastur. Dia meminta pelayannya untuk menyiapkan kopi yang dicampur rum untuk para tamu kecuali sang pastur. Untuk menutupi aroma rum yang khas, kopi ini sengaja ditutupi dengan whippedcream, maka terciptalahPharisäerKaffee.

11. Kaffeost, Finlandia
Pernah membayangkan kopi yang dicampur dengan keju? Jika belum, kamu bisa mencoba kopi ala Finlandia ini. Keju keju yang berbentuk kubus dimasukkan ke dalam kopi panas. Keju yang digunakan adalah Juustoleipä yang berarti roti keju.

Keju ini memiliki tekstur yang kering dan ringan hingga ketika dimasukkan ke dalam secangkir kopi, keju ini seperti spons tapi tidak mudah hancur. Idealnya keju ini terbuat dari susu, tapi kini ada juga yang terbuat dari susu sapi atau kambing.

12. Mazagran, Portugal
Kesegaran buah lemon tidak hanya dapat dinikmati dengan secangkir teh tapi kamu juga bisa menikmatinya dengan segelas kopi. Perpaduan lemon dan kopi ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas. Cara pembuatannya pun cukup mudah kamu tinggal mencampurkan gula, espresso, dan perasan lemon. Terkadang mazagran juga dinikmati dengan tambahan mint dan rum.

Related posts