Manfaat Meminum Kopi Sebelum Berolahraga

Manfaat Meminum Kopi Sebelum Berolahraga

Jeniskopidunia.web.id – Kopi, minuman yang menempati daftar minuman paling favorit di dunia. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki banyak manfaat, apalagi jika dikonsumsi sesaat sebelum berolahraga, akan memberikan efek baik bagi tubuh kita.

Hasil studi yang dimuat dalam Journal of Apploied Physiology menunjukkan, minum satu atau dua cangkir kopi bisa membuat sesi olahraga jadi lebih menyenangkan. Para peneliti merekrut 14 partisipan, mereka diminta berolahraga dengan menggunakan sepeda statis.

Percobaan pertama, partisipan diberi minuman berkafein yaitu secangkir kopi berukuran 8 ons atau empat cangkir teh, 90 menit sebelum olahraga. Percobaan lainnya, mereka diberi minuman yang tidak mengandung kafein sama sekali.

Saat berolahraga setelah minum kopi atau teh, para partisipan merasa lebih mudah mengayuhkan kakinya di sepeda statis, ketimbang saat mereka tidak diberikan minuman berkafein.

Bisa dikatakan, kandungan dalam minuman ini yaitu kafein dapat membuat peminumnya lebih bersemangat dan merasa menyenangkan saat melakukan olahraga. Namun perlu diingat, minuman kafein yang baik untuk dikonsumsi adalah kopi hitam.

Baca Juga : Manfaat Kopi Rempah Bagi Kesehatan

Berikut adalah manfaat mengonsumsi kopi sebelum berolahraga:

Meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi berkafein sebelum berolahraga mengalami peningkatan sebesar 30 persen selama 75 menit setelah olahraga daripada mereka yang tidak minum kopi atau minum kopi tanpa kafein.

Mengurangi nyeri

Para ilmuwan di University of Illinois menemukan bahwa mengonsumsi kopi berkafein dua hingga tiga cangkir satu jam sebelum olahraga intensitas tinggi dapat mengurangi nyeri otot setelah olahraga. Ini menunjukkan bahwa kafein mampu mendorong ketahanan otot dan mengurangi ketegangan di otot.

Mempertahankan keremajaan otot

Kafein juga memiliki sifat antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan otot dan menghindari penuaan berlebih pada otot sehingga otot lebih bugar dan terhindar risiko cedera setelah berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan adanya efek protektif dapat kedua otot diafragma dan otot rangka yang digunakan untuk bernapas.

Makanan bagi otot

Dibanding mengonsumsi karbohidrat saja, kombinasi antara karbohidrat dan kafein menghasilkan peningkatan 66% pada glikogen otot empat jam setelah olahraga. Glikogen merupakan bentuk karbohidrat yang disimpan di dalam otot yang berfungsi sebagai energi cadangan selama dilakukannya olahraga, yang dapat menyuplai energi.

Wah, selain cocok dijadikan minuman untuk menemani waktu santai Anda ternyata minuman berwarna hitam ini juga memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi sebelum berolahraga.

Related posts