Manfaat Kopi Bagi Pria

Manfaat Kopi Bagi Pria

Jeniskopidunia.web.id – Kopi adalah minuman keluarga yang terbuat dari biji kopi yang telah diproses sebelumnya. Ada banyak manfaat minuman pahit ini bagi siapa saja yang meminumnya, terutama pria dewasa. Lantas, apa manfaat kopi untuk pria? Lihatlah ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Pencegah Kanker Karena Kaya Anti Oksidan
Dilaporkan memang banyak manfaat kopi bagi pria dewasa yang rutin mengkonsumsinya sebagai minuman sehari-hari. Hal ini karena kandungan senyawa dan zat aktif pada kopi berperan aktif dalam menekan resiko terjadinya kanker. Kafein dan berbagai senyawa polifenol pada kopi memiliki efek positif yang menghambat terjadinya kanker. Berbagai macam kanker seperti kanker prostat, kanker hati, kanker mulut dan tenggorokan yang sering terjadi pada pria bisa dicegah dengan kopi. Namun memang perlu diketahui, konsumsi kopi yang terlalu panas (lebih dari 65 derajat Celsius) akan meningkatkan resiko terjadinya kanker pada pria.

Meningkatkan Kelincahan Sperma
Ada studi yang menyatakan jika konsumsi kopi secara rutin oleh pria dewasa akan meningkatkan kinerja sperma. Dilihat dalam studinya yang mengumpulkan beberapa sampel sperma dari orang-orang dengan kebiasaan minum kopi dalam dosis berbeda-beda. Hasilnya, sperma milik peminum kopi rutin 2-3 cangkir sehari, memiliki sperma yang lebih lincah. Menurut ahli kafein dalam kopi akan meningkatkan proses fertilisasi, yaitu pembuahan di dalam rahim. Namun juga perlu diingat, konsumsi kopi terlalu banyak juga akan meningkatkan terjadinya stroke. Jadi sebaiknya konsumsi kopi maksimal 2-3 cangkir sehari.

Baca juga : Bahaya Kopi Untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Fokus Dan Konsentrasi
Masih tentang kafein dalam kopi yang merupakan zat aktif utama yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi pria. Kandungan kafein dalam kopi mampu mempengaruhi kerja saraf pusat, sehingga menyebabkan rileks sehingga lebih konsentrasi. Kopi bagus diminum saat menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan, seperti akuntan, pelukis, semua pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Namun perlu diingat sebaiknya jangan minum kopi saat keadaan mengantuk, karena mungkin kopi bisa menghambat rasa kantuk, tetapi otak tetap saja lelah, sehingga tetap tidak bisa berfikir fokus.

Kopi Hitam Cocok Untuk Membakar Lemak
Bagi seorang pria yang sedang menjalankan program diet, ternyata kopi juga bermanfaat untuk melancarkan diet karena membantu membakar lemak. Secangkir kopi sehari bisa dimanfaatkan untuk proses penurunan berat badan pada pria. Efek zat aktif pada kopi dapat membakar lemak pada 30 menit – 1 jam pertama setelah minum kopi tersebut. Untuk memaksimalkan pembakaran lemak bisa melakukan olah raga ringan setelah meminum kopi. Sehingga pada 30 menit-1 jam pertama tersebut lemak yang dibakar akan lebih maksimal, dan penurunan berat badan lebih signifikan.

Mengurangi Resiko Depresi
Manfaat kopi bagi pria lainnya adalah mengurangi resiko depresi, stress bahkan bunuh diri. Kopi hitam rendah gula yang dikonsumsi setiap hari memiliki zat aktif dengan kerja seperti anti depressant. Konsumsi kopi hitam disinyalir akan membuat otak merilis hormone endrophine, yaitu hormone bahagia. Hormon tersebut yang bertanggung jawab memberikan rasa bahagia dan rileks, jika hormone ini dirilis artinya tingkat depresi akan turun. Artinya seorang pria dengan tingkat stress yang tinggi bisa dengan mudah mengatasi stressnya dengan minum kopi hitam rendah gula.

Melindungi Dari Penyakit Dimensia Dan Alzeimer
Alzeimer adalah penyakit saraf yang mengerikan, karena memiliki efek yang sangat tidak baik bagi penderitanya yang bisa berakhir dengan kematian. Sedangkan dimensia adalah penyakit suka lupa yang biasanya diderita para Lansia. Manfaat kopi bagi pria yang terakhir adalah mampu melindungi dari penyakit dimensia dan alzeimer. Kopi memiliki sifat meningkatkan kinerja otak dan saraf, melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam kopi lah yang berperan aktif mencegah kerusakan saraf dan sel otak.

Related posts