Kopi Vietnam Drip

Kopi Vietnam Drip

Kopi Vietnam Drip – Setiap harinya sebagian manusia minum kopi di pagi, siang, sore, dan malam hari adalah suatu minuman yang diminum pada saat santai. Banyak setiap manusia memiliki selera masing-masing dengan berbagai jenis kopi, kali ini tim jeniskopidunia akan memberikan sebuah pengetahuan tentang kopi khas ala vietnam, mari simak artikel ini.

Kopi vietnam drip adalah kopi yang diseduh dengan dripper vietnam dan disajikan bersama susu/krimer kental manis. Penyajian minuman ini lahir karena menyesuaikan karakter biji robusta dari hasil perkebunan di Vietnam. Di negara asalnya, minuman ini lebih banyak disajikan dingin.

Sebagai salah satu negara penghasil kopi yang terbesar di dunia, Vietnam memiliki cara penyajian khas dalam membuat minuman yang sesuai dengan karakter biji di daerahnya. Minuman tersebut berupa kopi yang diseduh menggunakan metal dripper khas Vietnam lalu dicampur dengan krimer/susu kental manis.

Baca Juga:

Vietnam drip adalah metode dan alat seduh yang menghasilkan minuman dengan cara ekstraksi lewat tetesan. Dripper berbentuk seperti gelas metal dan terdiri dari tabung, plunger, dan tutup metal. Penggunaannya sangat mudah, setelah bubuk kopi dimasukkan, masukkan plunger lalu tekan, taruh dripper di atas gelas, lalu tuang air panas.

Di negara asalnya, minuman ini umumnya dihidangkan dingin dan biasa dikenal dengan sebutan cà phê sữa đá. Sementara jika dihidangkan panas, namanya menjadi cà phê sữa nóng.

Jenis kopi asli Vietnam adalah robusta yang memiliki rasa lebih pahit dari arabika. Oleh karena itu, masyarakat Vietnam menggunakan metode ini agar rasa pahit dari robusta tidak terlalu dominan.

Untuk membuat minuman ini, Anda tidak harus menggunakan kopi yang berjenis robusta seperti di negara asalnya. Kopi arabika bisa digunakan jika itu sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda menggunakan kopi jenis arabika, ada baiknya menggunakan kopi dengan karakter body yang bold dan di-roasting pada tingkat medium hingga dark. Sebab, minuman kopi Vietnam ini menggunakan campuran krimer kental manis dalam jumlah yang cukup banyak (2-4 sdm). Menggunakan biji kopi dengan karakter body yang light akan membuat sajian terasa terlalu manis.

Jika ingin mencoba, mungkin Anda dapat mempertimbangkan produk dari Sasame Coffee, terutama Khatulistiwa atau Maritime Blend karena karakter body-nya kuat.
Vietnam drip adalah satu dari beragam sajian minuman khas Asia.

Related posts