Kopi Termahal Di Dunia

Kopi Termahal Di Dunia

Jeniskopidunia.web.id – Bahkan kopi memiliki perayaannya sendiri, yaitu Hari Kopi Internasional yang dirayakan setiap 1 Oktober hari ini. Bijih kopi memiliki banyak jenis. Di setiap wilayah di satu negara dapat memiliki rasa yang khas.

Dari banyaknya varian bijih kopi pilihan, sejumlah besar dibanderol dengan harga fantastis. Sepuluh di antaranya di bawah ini masuk daftar kopi termahal di dunia. Simak, yuk!

Finca El Injerto Coffee, Rp372 ribu
Kopi Finca El Injerto diambil dari bijih kopi jenis Bourbon langka yang tumbuh di ketinggian 1.500-1.900 di atas permukaan laut dan 100 persen bijih kopi Arabika. Karena kelangkaan dan kualitasnya, varian kopi asal Guatemala tersebut pernah dibanderol dengan harga tertinggi sekitar 500 dolar per pound (453 gram), atau sekitar Rp7,4 juta pada 2012. Kini kopi tersebut dijual di kisaran harga Rp372 ribu per 250 gram, tergantung variasinya. Finca El Injerto Coffee punya aroma khas yang didominasi wangi bunga dan tanaman herbal, tapi ada juga rasa hazelnut dan cokelat yang intens ketika diminum.

Black Blood of the Earth, Rp596 ribu
Kopi ini digadang-gadang punya kafein 20-40 kali lebih banyak dibanding kopi biasa. Philip Broughton, sang penemu, mengambil bijih kopi dari kawasan lembah Afrika dan Ethiopia yang karakternya cenderung berminyak. Black Blood of Earth diolah dengan teknik cold vacuum extraction, sehingga menghasilkan kafein yang lebih tinggi, tapi minim asam. Kopi tersebut dijual dalam kemasan botol beraneka ukuran seharga antara 40-50 dolar, atau sekitar Rp596 ribu per botol. Uniknya lagi, ia kerap bekerja sama dengan seniman internasional untuk desain gambar pada botolnya.

El Salvador Los Planes, Rp596 ribu
El Salvador Los Planes kerap menyabet penghargaan bergengsi, salah satunya “Cup of Exellence Award” sebagai bijih kopi terbaik dunia. Gak heran kalau harganya cukup tinggi, yakni sekitar Rp596 ribu per pound. Kopi ini punya karakteristik yang unik, tergantung tingkat roasting-nya. Bijih medium-roasted dominan akan terasa lebih nutty dan creamy. Sedangkan, bijih deep-roasted didominasi aroma campuran blackcurrent, cokelat, dan gula merah.

Baca juga :

Hawaiian Kona Coffee, Rp760 ribu
Hawaiian Kona Coffee memanfaatkan salah satu bijih kopi paling langka di dunia yang hanya tumbuh di Pulau Hawaii. Itu sebabnya harga kopi ini sangat tinggi, yakni mencapai sekitar Rp760 ribu per pound. Tak jarang produsen hanya menggunakan 10 persen bijih kopi kona dan 90 persen sisanya dicampur dengan bijih kopi impor atau lokal. Biasanya kopi campuran harganya lebih murah, sekitar Rp300-Rp400 ribuan.

Fazenda Santa Ines Coffee, Rp745 ribu
Kopi asal Brasil ini terkenal dengan cita rasa uniknya, karena dominan manis dengan aroma buah-buahan yang kuat. Bijih kopi Fazenda Santa Ines didapat dari kaki Gunung Mantiquera, Brasil. Kopi tersebut kabarnya sudah diolah secara tradisional lebih dari 100 tahun lalu.

Jamaican Blue Mountain Coffee, Rp754 ribu
Bijih kopi ini tumbuh di Blue Mountain, Jamaika, tepatnya pada ketinggian 5.000 kaki. Jamaican Blue Mountain Coffee sangat digemari di Jepang, karena rasanya yang lembut dan tidak terlalu pahit. Jepang juga merupakan negara terbesar yang mengimpor jenis kopi ini, bahkan beberapa produknya hanya melayangi ekspor ke Negeri Sakura saja. Untuk satu pond-nya, bijih kopi ini dihargai sekitar 50 dolar atau Rp754 ribu.

St. Helena, Rp1,1 juta
St. Helena adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Laut Atlantik. Selain panorama alamnya yang eksotis, St. Helena terkenal dengan budidaya bijih kopinya yang hanya bisa tumbuh di sana. Biaya transportasi juga menjadikan harga kopi ini semakin mahal, yakni sekitar Rp1,1 juta per pound.

Luwak coffee, Rp2,4 juta
Kopi luwak sempat dinobatkan sebagai kopi paling mahal di dunia, yang rata-rata dibanderol mulai dari harga Rp2,4 juta! Sesuai namanya, luwak turut berkontribusi dalam proses pengolahan. Bijih kopi pilihan dengan kualitas terbaik yang dimakan luwak akan mengalami proses pencernaan di dalam perut selama 24 jam, sebelum bijihnya keluar melalui feses. Selanjutnya kopi dibersihkan, dikeringkan, dan diproses lanjutan hingga layak dikemas.

Related posts