Kopi Talua Bukittinggi

Kopi Talua Bukittinggi

Kopi Talua Bukittinggi – Minum kopi di campur dengan susu sudah biasa di minum, tetapi kopi di campur dengan telur apakah sudah pernah di coba? Apa rasanya kopi di campur telur? yuk simak artikel ini agar untuk mengetahuinya.

Bumi Minangkabau menyimpan khazanah racikan kuliner tradisional yang sangat kaya. Tidak saja berbagai hidangan lezat dengan cita rasa rempah yang kuat dan menggugah selera, daerah ini juga memiliki beberapa jenis minuman khas yang layak untuk dicoba. Salah satu diantaranya adalah kopi telur atau dikenal dengan sebutan kopi talua.

Kopi talua merupakan racikan kopi berbalur buih yang lembut dengan paduan citarasa manis gurih yang khas. Perpaduan kopi dan telur ini menjadi suguhan menggoda sebagai teman bersantai menikmati waktu senggang.

Seperti juga teh talua, jenis minuman khas lainnya dari Sumatera Barat, sajian ini menggunakan kuning telur sebagai komponen utama racikannya. Meskipun sama-sama menggunakan kuning telur, ada beberapa hal berbeda dalam teknik peracikan kopi talua jika dibandingkan dengan teh talua. Perbedaan tersebut diantaranya ada pada tahap pengocokan telur.

Baca Juga:

Pada kopi talua, kuning telur yang telah terpisah dari putihnya dimasukkan dalam gelas berisi susu kental manis dan ditambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini kemudian dikocok hingga mengembang, lalu ditambahkan air seduhan kopi yang mendidih.

Air seduhan kopi yang mendidih inilah yang berfungsi mematangkan telur saat pengocokan berlangsung. Proses ini menciptakan tekstur buih yang lembut pada minuman ini.

Sajian kopi telur dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan para peminumnya. Salah satunya adalah menambah tenaga dan meningkatkan vitalitas kaum pria. Setidaknya, itulah mitos yang berkembang di tengah masyarakat, khususnya para penggemar dari minuman yang satu ini. Meskipun belum ada pembuktian ilmiah yang menguji khasiatnya secara langsung, tetapi data kandungan komponen di dalam kopi telur memang mendukung kebenaran mitos tersebut.

Hal ini terlihat dari kandungan vitamin dan asam amino dalam kuning telur yang relatif lengkap. Beberapa zat tersebut diantaranya seperti kolin, vitamin E, vitamin A, vitamin K2, omega-3, vitamin D dan beta karoten merupakan komponen nutrisi yang amat diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam kuning telur yang bersifat antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tidak salah jika para penikmatnya merasa lebih bugar setelah meminum minuman ini.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, jika kebetulan Anda sedang berada di Sumatera Barat, tidak ada salahnya untuk mencicipi minuman khas yang satu ini.

Related posts