Kopi OldTown

Kopi OldTown

Kopi OldTown – Kopi adalah minuman hasil dari seduhan biji yang telah disangrai dan halus, pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopu yang telah matang dengan baik.

Kopi adalah minuman hasil dari seduhan biji yang telah disangrai dan halus, pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopu yang telah matang dengan baik.

Sebagai bagian dari strategi untuk menjadi pemimpin pasar di kawasan Asia Tenggara, perusahaan produsen white coffee asal Malaysia, OLDTOWN Berhad, mengumumkan rencana perluasan outletnya di seluruh wilayah Indonesia.

Merek asli negeri jiran ini, memasang target pertumbuhan tiga kali lipat dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Strategi yang dijalankan oleh PT OLDTOWN Indonesia, sebagai pemegang lisensi resmi brand OLDTOWN dalam mencapai target tersebut, dengan membuka 10 outlet setiap tahunnya.

Sejak tahun 2011, OLDTOWN telah menjalin kemitraan dengan PT OLDTOWN Indonesia untuk mempercepat pertumbuhannya di Asia. Hingga kini, perusahaan yang bermarkas di Jakarta tersebut, telah berhasil membuka 17 kafe di Jawa dan Bali serta mulai membuka outlet perdananya di Emporium Pluit pada tanggal 16 Januari 2011 yang lalu.

Baca Juga:

Group Managing Director OLDTOWN Berhad, Mr. Lee Siew Heng, mengtakan, pemegang lisensi diberi hak untuk melanjutkan ekspansi ke seluruh area Indonesia. Outlet pertama pasca perjanjian terbaru ini akan dibangun pada bulan Agustus 2014 yang akan datang.

“Kami merasa bangga bisa kembali bekerjasama dengan PT OLDTOWN Indonesia. Sebagai pemegang lisensi, tujuan kerjasama ini adalah untuk memperluas pangsa pasar di seluruh wilayah Republik Indonesia selain Jawa dan Bali,” kata Lee.

Selama tiga tahun ini, lanjut Lee, OLDTOWN White Coffee berhasil membuka 17 outlet. “Untuk lima tahun ke depan, kami akan terus menjadikan merek ini sebagai pemicu dalam mendorong masyarakat Indonesia agar menjadikan kopi sebagai bagian dari budaya. Tentunya sekaligus juga memperkenalkan menu asli favorit warga Malaysia ini,” tambah dia.

Menyadari bahwa masing-masing pasar di setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda, Divisi F&B OLDTOWN White Coffee menjalin kerjasama dengan mitra yang memiliki reputasi terbaik agar bisa sukses menjalankan bisnis di negara lain.

Untuk itu, kata Lee, manajemen terus melakukan penetrasi pasar dengan menjalin kerjasama melalui pemberian Master Licensee kepada perusahaan yang memiliki keunggulan dalam hal rantai pasokan (supply chain), infrastruktur dan real estat. Setiap pemegang lisensi berhak mereplikasi sistem operasionalnya di negara masing-masing sesuai dengan kondisi setiap area.

“Kami memiliki keunggulan dalam memahami pasar Indonesia serta penguasaan di bisnis ritel selama bertahun-tahun. Ini merupakan modal sukses saat bekerjasama dengan OLDTWON White Coffee untuk membuat konsumen di Indonesia merasakan cita rasa sajian khas negeri jiran ini,” tutur Alamsjah, Direktur PT OLDTOWN Indonesia.

“Kami menantikan kerjasama lanjutan untuk memperkuat pengembangan dan eksistensi brand OLDTOWN di Indonesia,” tambahnya.

Menurut Lee, bermitra dengan PT OLDTWON Indonesia bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. “Kami sangat terkesan dengan keunggulan mereka di bidang logistik dan distribusi sehingga pertumbuhan merek ini sangat cepat di Indonesia.”

Indonesia, tambahnya lagi, adalah pasar potensial di masa akan datang. Keberadaan OLDTOWN bisa menjadi rantai kopi terbesar di negara ini. Apalagi white coffee dan menu yang ditawarkan sangat berkualitas sehingga akan banyak gerai-gerai yang beroperasi di Indonesia.

“Target kami untuk membuka 104 outlet lima tahun mendatang – merupakan target yang realistis,” ungkapnya.

Selain di Indonesia, baru-baru ini OLDTOWN juga telah menandatangani perjanjian kerjsama dengan pemegang Master Licensee di Australia, yaitu OTK (Australia) Sdn Bhd. Negeri Kangguru ini merupakan salah satu dari target ekspansi global setelah membuka gerai pertama luar negerinya di Singapura pada tahun 2008. Sejak saat itu, OLDTOWN menyasar pasar Asia dengan berekspansi ke Indonesia dan China dengan membuka 238 gerai dan tidak termasuk 210 gerai di Malaysia.

Related posts