Kopi Manggar

Kopi Manggar

Kopi Manggar – Kopi racikan yang berasal dari biji kopi Robusta yang didangkan dari Lampung. Nah kopi yang didatangkan dari Lampung ini kemudian di proses sendiri oleh masing-masing warung dengan bumbu rahasia masing-masing. Manggar merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota Belitung Timur.

Kondisi tanah yang tidak mendukung membuat Manggar tidak memiliki kopi asli daerah. Namun, Manggar memiliki julukan kota 1001 warung kopi, karena terdapat banyak sekali warung kopi yang ada.

Baca Juga :
kopi aceh
kopi flores
kopi kona

Ada yang unik dalam proses pembuatan kopi Manggar. Kopi dibuat dengan cara disaring dalam saringan berbentuk kaos kaki. Awalnya saringan yang berisi kopi ditaruh didalam wadah ceret kemudian dituang air panas secukupnya.

Setelah itu, kopi diaduk dari dalam saringan. Air kopi yang ada dalam ceret tersebut kemudian dipindahkan ke ceret yang lainnya untuk disaring lagi. Proses tersebut dilakukan kurang lebih sebanyak tiga kali.

Hal ini dilakukan agar kopi yang dihasilkan tidak terlalu kental. Orang Manggar menyebut kopi ini dengan kopi O. Kalau anda kebetulan berwisata ke Belitung jangan lupa untuk coba mencicipi kopi khas Manggar ini.

Related posts