Kopi Lintong

Kopi Lintong

jeniskopidunia.web.id – Lintong merupakan salah satu tipe kopi yang ternyata cukup tenar di Indonesia. Seperti yang kita tahu, Indonesia memang negara yang dikenal sebagai salah satu kawasan yang mempunyai keragaman jenis kopi yang sangat menarik.

Kopi lintong dan sejarahnya

Terkait dengan sejarah kopi lintong, ada histori yang cukup menarik dibalik varian kopi yang satu ini. Pasalnya, varian lintong didatangkan oleh pihak VOC yakni pada sekitar tahun 1750. Bagi anda yang sudah pernah mencicipinya, mungkin sudah mengetahui jika lintong merupakan tipe kopi yang dikenal mempunyai rasa asam yang berlebihan. Namun, anda dapat mencampurkannya dengan kopi robusta supaya bisa mengurangi rasa asam tersebut. Perlu diketahui juga bahwa lintong merupakan salah satu varian kopi terbaik dan hal ini sudah diakui oleh dunia.

Bagi anda yang ingin menikmati jenis lintong ini, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke pulau sumatera. Selain bisa mendapatkannya dengan cara order via online, di Jakarta sendiri ada beberapa café yang menyediakan kopi lintong sebagai salah satu menu unggulannya. Jika dilihat dari sudut pandang perkembangan industry kopi yang ada di Indonesia, ada segi positif yang dapat dilihat yaitu mampu menunjang pemerintahan dalam hal mengurangi angka pengangguran. Industri kopi yang ada di dalam negeri mampu menyediakan kesempatan usaha cukup menarik untuk anda yang berminat. Hal ini juga bisa menjadi ajang promosi untuk memasarkan kopi lokal dari daerah masing-masing dengan cita rasa yang unik, khas, dan berbeda-beda.

Baca Juga:

Perlu diketahui bahwa lintong adalah jenis kopi yang langsung dipetik dari pokok kopi. Belakangan ini, ada salah satu brand yang menciptakan kopi lintong-luwang yang notabene merupakan biji kopi yang dimakan oleh luwak kemudian keluar bersama dengan kotoran luwak. Selain itu, ada juga merk kopi lintong jawa. Padahal sudah jelas jika kopi tersebut bukan berasal dari pulau Jawa namun dibudidayakan di daerah Lintong, Sumatera Utara. Lantaran begitu terkenalnya merk Kopi lintong, sampai-sampai sebagian masyarakat menyamakan antara kopi lintong berastagi, sipirok, kopi Sumatra Mandheling, kopi sidikalang, dan dolok sanggul.

Related posts