Kopi Kawa Padang

Kopi Kawa Padang

Kopi Kawa Padang – Bukan hanya di Jawa dan bali saja yang mempunyai khas kopi, ternyata di Sumatera Barat juga memiliki khas kopi. Di Sumatera Barat kopi yang sangat dikenal dengan Kopi Kawa Padang.

Minuman ini adalah kopi khas Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Meminum kopi kawa adalah bagian dari budaya lama masyarakat Minang. Seiring perkembangan jaman, warung kopi kawa dapat banyak ditemui di berbagai daerah di Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang.

Nama kawa diambil dari qahwah, yang berarti kopi dalam bahasa Arab. Berbeda dengan jenis minuman kopi Indonesia pada umumnya, minuman ini tidak menggunakan biji melainkan daun dari tanaman kopi. Untuk menyeduhnya harus menggunakan daun dari tanaman jenis robusta, karena menurut orang Minang daun dari tanaman jenis arabika memiliki rasa yang hambar.

Baca Juga:

Daun dan batang diasapi hingga kering, kemudian diseduh dengan air panas. Ini menghasilkan minuman yang memiliki tekstur ringan seperti teh namun rasa dan aroma kopinya tetap terasa.

Tradisi meminum minuman ini lahir saat era kolonialisme ketika Belanda menerapkan tanam paksa di tanah Minang. Pada saat itu, kopi merupakan komoditas yang bernilai tinggi. Oleh karena itu, seluruh hasil panen kopi Indonesia harus diserahkan kepada pemerintah kolonial.

Mirisnya, masyarakat Minang saat itu tidak diperbolehkan mencicipi hasil yang mereka tanam. Demi mengobati kekecewaan dan merasakan hasil kerja kerasnya, mereka menggunakan daun tanaman kopi dan mengolahnya. Hasilnya, lahirlah minuman khas Minang yang satu ini.

Mereka memberikan label “Kopi Kawa” untuk minuman ini. Terutama di Kabupaten Tanah Datar, Anda akan dengan mudah menemukan sejumlah kedai kopi kawa. Jajaran kedai ini hampir terdapat di sepanjang jalan. Salah satunya, kedai kopi kawa Kiniko di Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung. Tepatnya di berada di kilometer 16 jalan raya Batusangkar-Bukittinggi.

Minuman ini sudah sangat memasyarakat di sana, bahkan sebelum bekerja ke ladang pun, biasanya masyarakat pedesaan menyeruput segelas kawa.

Related posts