Kopi Caturra

kopi caturra

kopi caturraKopi Caturra – Tanaman kopi saat ini sudah banyak tersebar di seluruh belahan dunia. Yang paling unik dari minuman dari biji kopi ini memiliki rasa yang berbeda-beda di setiap bijinya. Varietas, daerah dan warna dari bijinya pun berbeda. Sehingga citarasa yang dimiliki juga berbeda-beda. Dan sangat ajaib sekali bahwa tanaman yang satu ini bisa tumbuh subur di seluruh daerah dunia. Hampir semua negara memiliki jenis kopi yang unik dan rasa yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, biji dari kopi ini juga memiliki karakteristik yang berbeda sehingga menambah keunikan dari tanaman kopi ini. Kopi ternyata tidak hanya sesederhana meneguk kenikmatannya dalam cangkir melainkan juga perlu proses dan juga pembuatan yang cukup perhatian agar kopi tersebut terasa lebih nikmat. Salah satu kopi yang terkenal di dunia saat ini adalah kopi caturra.

Pasti sudah banyak yang mengetahui tentang jenis kopi yang satu ini. Karena kopi jenis ini adalah kopi yang sudah banyak diproduksi dan bisa tumbuh di beberapa tempat. Varian ini pun sudah banyak ditemukan di daerah Indonesia. Jenis kopi ini pun memiliki 2 varian yang bisa menambah citarasa kenikmatan kopi bagi mereka yang suka meminum kopi di setiap kegiatan mereka. Kopi jenis ini memang memiliki banyak kelebihan yang memang sangat unik dan berbeda dari yang lainnya. walaupun begitu, masih ada beberapa daerah di dunia yang masih belum bisa ditanami kopi jenis ini. Sehingga untuk menikmati kopi ini harus impor dari negara America Selatan. Jadi memang sedikit mahal apabila harus impor terlebih dahulu untuk menikmati rasa kopi yang menjadi salah satu kopi unggulan ini.

Kopi jenis caturra ini berasal dari daerah Kolombia, Kosta Rica dan juga Nikaragua. Setelah itu, kopi dengan jenis unggulan ini kemudian dikembangkan pertama kali di negara Brazil. Jenis kopi Caturra ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di beberapa daerah dataran tinggi yang memang cocok ditanami tanaman kopi. Walaupun memang tidak banyak yang mengembangkan jenis kopi ini tetapi produksinya sudah cukup banyak apalagi negara asalnya sendiri pun sudah banyak yang membudidayakan sebagai salah satu mata pencaharian mereka. Tetapi bagi negara yang masih belum bisa membudidayakan bisa langsung impor dari negara asalnya yang mana memiliki citarasa yang original dan unik ini.

Tanaman yang menghasilkan biji kopi sebagai salah satu bahan minuman ini pada umumnya bisa ditanam di daerah yang memiliki ketinggian 800 meter atau bisa melebihi dari ketinggian tersebut. Walaupun termasuk tanaman yang cukup sulit untuk tumbuh, tetapi di daerah Brazil sendiri sudah ditanam sekitar 10.000 tanaman per hektar. Padahal normalnya tanaman ini biasanya ditanam sebanyak 6000 tanaman perhektarnya. Jadi hal ini menjadi salah satu pencapaian yang cukup besar bagi daerah Brazil untuk mengembangkan kopi Caturra ini. Tidak hanya di Brazil, dai daerah Bourbone juga sudah biasa ditemukan kopi jenis ini dengan rasa yang berbeda dari kopi yang berada di daerah asalnya yaitu Brazil. Biasanya untuk memanen jenis kopi ini perhektarnya mencapai 200 kg yang memang cukup banyak.

Karakter Kopi Caturra

Kopi caturra ini memiliki pohon kopi yang kecil-kecil dan tidak terlalu besar. Tanaman ini biasanya hanya tumbuh di daerah America Selatan dan sekitarnya. Tetapi saat ini sudah banyak daerah yang menghasilkan jenis kopi yang satu ini. Kopi caturra dibedakan menjadi bright acidity dan juga low-to-medium body. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa varietas yang bisa ditemukan dari kopi caturra ini. Jenisnya adalah yellow caturra dan red caturra. Kedua varietas tanaman kopi ini sangat unik dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Walaupun memang masih jarang ditemukan dan masih sulit untuk dikembangkan tetapi jenis dan bijinya sangat unggul dan memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Jenis Kopi Caturra

Yellow Caturra

Yellow caturra adalah jenis kopi caturra yang sangat lengkap dan hanya ditemukan di daerah tertentu. Asal daerah dari kopi jenis ini berasal dari tanah Flores yang konon biji ini diproduksi hanya sekitar 700 tanaman saja. Ini adalah jumlah yang sangat sedikit untuk penanaman suatu tanaman kopi. Kopi jenis ini tepatnya ditanam pada ketinggian 1100 – 1700 meter diatas permukaan air laut. Yang sangat unik dari biji kopi ini adalah berwarna kuning. Jadi untuk sebagian orang yang baru pertama kali menanam harus mengetahui karakteristik dari tanaman ini terlebih dahulu.

Karakteristik yang terlihat jelas adalah kulit bagian luarnya berwarna kuning. Jadi disarankan untuk tidak menunggu sampai berwarna merah karena akan membusuk. Proses matang itu ditunjukkan oleh kulit bijinya dengan warna kuning. Kemudian karakteristik selanjutnya adalah bijinya. Bijinya memiliki tekstur yang keras dan juga ukuran yang kecil. Ukuran ini tidak seperti ukuran biji kopi pada umumnya. Kopi varian caturra ini juga memiliki aroma yang cukup menusuk dihidung. Aroma yang sangat kuat ini memang menyembulkan aroma buah yang disertai dengan keasaman yang sangat pas sekali.

Red Caturra

Sedangkan untuk varian lain dari kopi jenis Caturra ini adalah red Caturra. Red Caturra ini juga menjadi salah satu kopi unggulan yang bisa ditemukan di dataran tinggi Dieng. Tanah yang memiliki ketinggian sekitar 1200 sampai 1300 meter diatas permukaan air laut ini dulunya memiliki banyak sekali area perkebunan yang dulunya dikembangkan oleh orang Belanda pada masa penjajahan. Setelah pada masa penjajahan usai, perkebunan ini ditinggalkan begitu saja dan tidak dirawat. Baru setelah beberapa tahun ketika jenis Arabica muncul, ditemukan salah satu jenis kopi caturra yaitu red catura. Hal ini menambah jajaran kopi Indonesia menjadi semakin banyak dan beragam.

Baik red caturra maupun yellow catura memang memiliki citarasa yang hampir mirip. Akan tetapi pada sesapan akhir saat meneguk kopi jenis red ini terdapat sisa rasa dari kacang tanah yang sudah digoreng disetap ampasnya. Hal ini menunjukkan bahwa red caturra ini memang memiliki rasa yang sangat unik dan patut untuk terus dikembangkan.

Kedua jenis kopi caturra memang menjadi incaran semua pasar kopi yang menginginkan berbagai macam variasi. Walaupun memang hanya sedikit saja yang memproduksinya tetapi pihak pemerintah akan terus berusaha untuk mengembangkan kopi dengan jenis caturra ini sehingga bisa dinikmati oleh setiap orang di dunia ini.

Related posts