Kopi Arabika Uganda

Kopi Arabika Uganda

jeniskopidunia.web.id – Kopi arabica yang satu ini berasal dari Uganda Afrika Timur.┬áDimana negara Uganda merupakan negara yang tergolong beriklim tropis sedikit kering.

Jenis kopi yang ditanam di Uganda terdapat dua jenis yaitu kopi robusta maupun kopi arabika. Jenis kopi arabika Uganda ini memang jenis kopi yang biasanya ditanam di ketinggian 700 hingga 1700 mdpl.

Kopi yang dihasilkan di perkebunan Uganda ini memang juga turut menyumbang pasokan pasar kopi di dunia. Karakter yang khas dari kopi Arabika Uganda adalah tingkat keasaman ataupun acidity yang lebih dominan. Selain itu kopi arabika juga memiliki karakter aroma yang kuat dibandingkan dengan kopi robusta. Selain itu kopi arabika akan memiliki citarasa yang berbeda dibandingkan jenis kopi arabika lain yang ditanam di wilayah lain.

Pasalnya citarasa kopi arabika memang bergantung pada cuaca dan tanah sebagai media tanam tumbuhan kopi.

Baca Juga:

Sejarah Kopi Arabika Uganda

Uganda merupakan habitat asli bagi tanaman kopi robusta yang nama latinnya Coffea canephora. Dimana jenis kopi ini biasanya hidup di kawasan daratan rendah dengan ukuran biji kopi yang lebih besar dengan diameter 5 mm. Selain itu karakter lainnya kopi robusta adalah bentuknya yang oval dengan tingkat kafein yang lebih tinggi. Warnanya ketika masih muda adalah hijau dan ketika setelah masak akan berwarna tua kemerahan. Sejak dulu, negara Uganda memang telah menjadi penghasil kopi yang cukup besar.

Pada tahun 1989 produksi kopi arabika uganda sudah melebihi kuota, namun jumlah biji kopi yang besar masih belum dapat diekspor. Hal tersebut dikarenakan terkendala masalah ekonomi dan keamanan. pengelolaan perkebunan kopi yang kurang baik, mengakibatkan banyaknya kopi yang diselundupkan melalui negara-negara tetangga. Sehingga pada tahun 1970 an produksi kopi arabika uganda terbilang menurun.

Kibale Wild Coffe Project ini diprakarsai oleh Uganda Coffe Trade federation, namun selanjutnya di ambil alih oleh yayasan non profit asal Amerika yang bernama Kibale Forest Foundation. Terdapat banyak pihak yang turut serta dalam mengembangkan perkebunan dan produksi kopi di negara Uganda. Salah satunya adalah USAID yang turut dalam mengembangkan proyek tersebut. Dalam hal pendanaan proyek kopi di Uganda tersebut didanai oleh Ford Foundation dan juga World bank Global Environment Facility.

Banyaknya pihak yang turut serta dalam membantu mengembangkan produksi kopi di uganda tidak terlepas dari potensi yang dimiliki Uganda sebagai negara produksi kopi arabika yang unggul yang mana juga mengembangkan kopi dengan sistem penanaman kopi dengan metode organik.

Related posts