Kopi Anggur

Kopi Anggur

Kopi Anggur – Sebut saja Wine Coffee yang dibahas disini adalah kopi yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Pada umumnya kopi anggur atau kopi yang beraroma anggur berasal dari kopi jenis Arabika.

Yang membedakan kopi Anggur Jember adalah jenis kopi yang digunakan adalah berasal dari biji kopi Liberika yang banyak terdapat di Jember.  Kopi yang dianggap kelas tiga, kurang laku di pasaran, dan berharga murah.

Meskipun terbuat dari jenis kopi yang dianggap murahan, namun aroma dan rasa yang dihasilkan tak mau kalah dengan yang lain dan membuat ketagihan.

Baca Juga :
kopi rarobang
kopi joss
kopi manggar

Harga satu kilogram kopi Anggur Jember mencapai 1,5 juta rupiah. Harga yang terbilang fantastis untuk kopi jenis Liberika.

Proses pembuatan kopi Anggur Jember menggunakan teknik fermentasi untuk menghasilkan aroma anggur. Biji kopi Liberika yang digunakan adalah biji kopi yang berwarna merah atau masak pohon karena mengandung lebih banyak senyawa organik pembentuk cita rasa kopi.

Sebelum difermentasi, biji kopi harus dicuci bersih agar tidak terkontaminasi bakteri lalu dijemur untuk mengurangi jumlah kadar air. Selanjutnya biji kopi kemudian diperam dengan cara dimasukkan ke dalam kantong plastik selama 30-35 hari.

Setelah 30-35 hari, kopi kemudian dijemur kembali untuk memunculkan aroma anggur. Rasa yang dihasilkan tidak terlalu pahit dan sedikit asam. Cocok dinikmati tanpa gula.

Kopi Anggur Jember diklaim baik untuk kesehatan karena mengandung senyawa yang dapat mengubah lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh dalam tubuh.

Related posts