Kopi Aceh

kopi aceh gayo

Kopi Aceh – Aceh adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang mempunyai Kultur budaya Islam yang sangat kuat,pertumbuhan kota ini tak lepas dari pengaruh sejarah Kerajaan Aceh Darussalam.Aceh dulunya merupakan sebuah negeri tersendiri dengan ibukota Banda Aceh. Posisinya geografisnya sangat strategis di antara Selat Malaka dan Samudera Hindia. Kota ini pun sering dikunjungi pedagang dari Arab, China, Eropa dan Hindia (India).dan salah satu daerahnya yang terletak di dataran tinggi adalah Gayo.

Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan bukit barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatera.Secara administratif dataran tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan kabupaten Bener Meriah serta kabupaten Gayo Lues.

Baca juga :

 

Pada awal abad ke-20, Belanda menaklukkan Aceh. Meskipun secara de jure sebenarnya Belanda tidak pernah benar-benar menaklukkan Aceh. Tapi secara fakta, sejak awal abad ke-20 Belanda lah yang menjadi penguasa memerintah dan menjadikan Aceh sebagai koloninya. Di Aceh Belanda menemukan sebuah dataran tinggi luas yang dikenal dengan nama Tanah Gayo,terletak di jantung wilayah ini, yang berdasarkan riset yang mereka lakukan ternyata sangat cocok untuk ditanami Kopi. Dan dari sinilah keajaiban itu bermula. Di Tanoh Gayo, Belanda membangun basis pemerintahannya di Takengon yang terletak tepat di tepi danau laut tawar yang permukaannya ada di ketinggian 1250 Mdpl. Sampai hari ini, daerah ini dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Tanoh Gayo.

Gayo merupakan pemasok kopi arabica terbesar di Asia. Kopi Gayo adalah kopi specialty (kopi premium) terbaik di dunia. Kopi Gayo memiliki keunggulan tinggi sebagai berkah dari iklim mikro (microclimates) khusus sebuah dataran tinggi. Kekhususan kopi Gayo menurut Asosiasi Kopi Specialty Amerika (SCAA Specialty Coffee Association of America), memiliki rata-rata skor cupping test 84-88, yang berarti memiliki rasa cup penuh, dan sedikit atau tidak ada cacat.

Manfaat Kopi Gayo Untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh berperan sebagai sel yang mengakibatkan rasa ingin tidur kepada otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan membuat prosesnya lebih pelan. Maka akan menciptakan perasaan segar lebih lama.

2.Mencegah Kanker

Antioksidan pada kopi mampu menekan resiko gejala kanker didalam tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang meminum kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

3.Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi mempunyai sifat anti bakterial yang baik bagi kebersihan mulut. Hal tersebut bisa mempercepat penyembuhan gigi berlubang, plak serta infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4.Mengurangi Resiko Diabetes

Menyumbatnya penyerapan gula bisa dilakukan dengan meminum kopi. Kandungan zat asam klorogenat membantu kinerja hal ini pada peningkatan terbentuknya insulin. Para Dokter sudah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, bisa dikurangi sebesar 50% berkat manfaat kopi gayo.

5.Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menjangkit orang yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Kopi juga sudah teruji dapat mempercepat proses perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6.Mencegah Parkinson

Selain penyakit alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit terkenal yang penyebabnya berasal dari degradasi fungsi saraf pada tubuh manusia. Meminum kopi dengan rutin dapat memberi perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7.Meningkatkan Semangat

Banyak sekali orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan fresh saat meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat menambah semangat seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek yang berkaitan pada kebahagiaan.

Related posts