Cara Bedakan Jenis Kopi Modren

Cara Bedakan Jenis Kopi Modren

Jeniskopidunia.web.id – Pernahkah Anda merasa bingung ketika memesan kopi di kafetaria atau kedai kopi modern? Secara umum, kopi ditulis pada menu dengan susu, cappuccino, picolo dan jenis kopi olahan lainnya. Viki Rahardja, seorang barista senior dari Indonesia dan pemenang Latte World Art Championship 2014, mengatakan ada dua jenis profil kopi. Itu kopi modern dan kopi hitam.

Kopi hitam itu potensi kafein pasti lebih banyak, tapi (kopi)  yang modern kandungan gula dan lemaknya yang banyak. Kopi tubruk tidak ada lemak kecuali kalau pake gula,” ujar Viki kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.

Kopi modern merupakan campuran dari beberapa bahan selain kopi. Seperti susu, foam, moka, dan cokelat. Berikut lima jenis kopi modern yang umum ditemukan di kedai kopi.

Espresso
Espresso merupakan kopi modern yang paling kuat kadar “kopinya (very strong). Espresso merupakan ekstrak biji kopi https://www.sbobett88.asia/sbobet88/ murni tanpa campuran. Rasanya sudah pasti pahit, dengan tingkat kekentalannya tergantung dari biji kopi yang digunakan. Espresso biasa dikonsumsi dalam cangkir kecil.

Macchiato
Macchiato merupakan espresso yang diberi campuran susu foam. Foam atau susu yang di-steam sendiri kadarnya sedikit, sehingga rasanya tetap strong.
“Foam di macchiato, susunya hanya dua sampai tiga sendok aja. Sebenarnya, ini untuk orang yang suka espresso tapi lagi mau dikasih susu sedikit,” terang Viki.

Baca juga : Daftar Kedai Kopi di Bali

Piccolo
Piccolo memiliki kadar susu yang lebih banyak dibanding dua “teman” sebelumnya. Kopinya menggunakan ristretto yang merupakan ekstraksi terbaik dari espresso. Hal ini menjadikan kopi lebih lembut dan tidak terlalu asam, tapi prosesnya lebih lama. “Piccolo kadar susu dalam foam lebih banyak. Tastenya lebih ke small coffee, tidak strong,” ujar Viki.

Cappucino
Ini dia yang sajian kopi modern yang populer karena mudah ditemui, bahkan kini tersaji dalam bentuk instan. Cappucino pada dasarnya merupakan kopi susu yang juga diberi foam.
“Espresso dikasih susu, dikasih lagi foam dari susu, jadi creamy milky coffee. Tapi susunya sama kopinya seimbang,” terang Viki.

Latte
Sama dengan cappucino, latte pada dasarnya ialah kopi susu. Latte diberi foam dari susu yang sudah di-steam. Kadar susunya paling banyak, barista menyebut komposisinya dengan very milky coffee.

Tentunya kadar lemak di latte paling banyak dibandingkan kopi macchiato, piccolo, espresso dan cappucino.

Related posts